Gambar Perbedaan SUV dan MPV

Awas Keliru, Ini Dia Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Masyarakat Indonesia cenderung memilih mobil yang memiliki daya angkut penumpang lebih banyak. Seperti mobil SUV dan MPV yang cocok sebagai mobil keluarga.

Lalu perbedaan SUV dan MPV itu apa? Jika dilihat dari konfigurasi, kedua jenis mobil ini memiliki perbedaan yang mendasar.

Kedua jenis mobil SUV maupun MPV memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari segi harga keduanya juga memiliki selisih harga yang berbeda.

 

1. SUV (Sport Utility Vehicle)

Gambar SUV Pajero Sport

Mobil SUV adalah salah satu jenis mobil penumpang yang dirancang dari gabungan Jeep, Pikup, dan sedan.

Yang termasuk kedalam golongan SUV biasanya mobil dengan penggerak roda (4×4) supaya dapat digunakan untuk melintasi medan berat (off-road).

SUV didesan memiliki ground clearance yaitu jarak bodi mobil ke tanah yang tinggi, suspensi kokoh tetapi lembut, fitur lengkap, eksterior-interior terlihat tangguh serta elegan.

Klasifikasi SUV

1. SUV Mini

SUV dengan tipe mini adalah mobil SUV dengan kelas kecil dan memiliki ukuran ramping. Kapasitas Silinder (CC) dan Torsi Mesin pada tipe ini umumnya kecil (1.0-1.8) biasanya berbahan bakar bensin, bukan solar.

Contoh mobil SUV mini ini seperti Daihatsu Terios atau Toyota Rush dll.

2. SUV Compact

Mobil SUV Compact adalah mobil dengan kelas SUV yang cenderung lebih ke ukuran berkapasitas muatan serta ruang penumpang terbatas. SUV dengan torsi mesin (CC) sedang (1.8-2.6).

SUV Compact lebih sering digunakan dimedan jalan raya dan perkotaan, tidak cocok untuk digunakan di medan berat (off-road).

Contoh mobil SUV Compact yaitu Nissan X-Trail, Honda CR-V, Chevrolet Capitava, Ford Escape, Toyota Rav 4 dll.

3. SUV ukuran sedang

SUV ini bertipe mid-sized yang memiliki ukuran lebih besar diantara SUV mini dan Compact.

Kapasitas silinder (CC) dan Torsi mesin pada SUV tipe ini bervariasi muali dari sedang (2.4-2-6) sampai besar (3.0).

Contoh SUV ukuran sedang ialah Mitsubishi Pajero. Toyota Fortuner dan lainnya.

4. SUV ukuran besar

Tipe SUV Full-sized ialah mobil SUV berukuran penuh yang memiliki ukuran lebih besar dari pada kelas Mid-sized (sedang) dan kelas SUV Compact.

Dengan ukuran yang besar SUV ini cenderung mempunyai interior dan Eksterior yang luas, besar, lebar, serta ukura muatan yang banyak. Torsi mesin (CC) yang besar 3.0 keatas dan cenderung bermesin V8.

Contoh mobil SUV ukuran besar seperti Land Rover Discovery, Chevrolet Suburban, Nissan Patrol, Nissan Armada, Hummer, dll.

2. MPV (Multi Purpose Vehicle)

Gambar MPV Mitsubishi Xpander

MPV atau kendaraan multi guna adalah termasuk mobil yang digunakan untuk pengangkut penumpang sekaligus pembawa barang. Mobil MPV ini cenderung mempunyai klasifikasi mini bus jika dilihat dari bentuknya.

Biasanya mobil MPV ini terdapat dua varian yaitu mobil untuk membawa penumpang dengan kursi penumpang belakang dan untuk membawa kargo yaitu dengan tanpa jendela dan kursi penumpang belakang.

Mobil ini juga dikenal dapat mengangkut lebih benyak barang bawaan dengan cara melipat jok baris kedua maupun jok dibaris ketiga.

Jumlah Penumpang mobil MPV umumnya mampu membawa penumpang hingga 7 orang dengan 3 baris tempat duduk yang cocok sebagai mobil keluarga.

Ground Clearence mobil MPV jauh berbeda dengan SUV, sebagai mobil penumpang on-road dengan desain ground clearance yang lebih rendah jika dibandingkan dengan SUV.

Kapasitas mesin mobil MPV biasanya berkapasitas 1000 hingga 1500 cc dan hanya memakai penggerak roda dua alias Two Wheel Drive (2WD) yang berguna untuk efisiensi bahan bakar.

Di Indonesia sendiri, mobil MPV dibagi menjadi low MPV (LMPV), MPV, serta upper MPV. Untuk segmen LMPV kini telah menjadi pasar paling digemari di Indonesia.

Maka tidak heran jika banyak produsen kendaraan roda empat di Tanah Air yang berlomba-lomba untuk terjun disegmen tersebut.

Selain pembagian segmen, untuk pasar mobil MPV juga terbagi berdasarkan penggerak roda depan maupun belakang.

Mobil MPV ini yang cukup populer di indonesia dan banyak diminati diantaranya mobil Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Wuling Cortez, New Nissan Livina, Mitsubishi Xpander dll.

Setelah memahami perpedaan jenis mobil diatas, kamu pilih SUV atau MPV? Apabila kamu berorientasi sebagai mobil keluarga. Maka keduanya bisa berperan sebagai mobil keluarga.

Jika memilih mobil SUV silahkan kamu pilih yang memiliki spesifikasi tujuh penumpang dengan kelebihan kenyamanan ketika berkendara.

Tetapi jika kamu memilih mobil MPV, tidak menjadi masalah juga. Mungkin pertimbangan harga bisa menjadi alasan untuk kamu memilih jenis mobil MPV.

Seorang pecinta dunia otomotif, dan juga suka menulis. Saya adalah CEO Otonesia.net.

    Artikel Menarik Lainnya

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *