Modifikasi Mio M3

Yamaha Mio M3 adalah varian Mio yang diperuntukkan untuk remaja, khususnya anak sekolahan dan mahasiswa. Ada 2 model motor ini, pertama versi umum dan kedua versi AKS SSS.

Dengan teknologi Blue Core, Mio M3 mampu menampilkan performa yang efisien dan bertenaga. Dari segi desain, tampilan Mio M3 boleh dibilang cukup sederhana. Bagi yang ingin motor ini tampil tidak biasa, modifikasi Mio M3 wajib dilakukan.

 

1. Babylook

modifikasi motor mio m3 babylook

modifikasi mio m3 hitam babylook

modif mio m3 babylook

gambar mio m3 babylook

Modifikasi gaya Babylook sebenarnya memiliki kaitan dengan gaya Thailook. Aliran modifikasi ini bisa dibilang satu perguruan dengan aliran modifikasi Thailand. Modifikasi ala Babylook ini memang menyasar motor matic.

Mio M3 beserta motor matic lainnya merupakan motor yang pas untuk dimodifikasi dengan gaya ini. Ketersediaan komponen untuk merealisasikan modifikasi ini dengan sempurna dan optimal pun sudah banyak tersedia.

Modifikasi ini biasanya tidak menyentuh bagian velg. Artinya velg yang digunakan bisa velg orisinal bawaan pabrik. Perubahan bisa Kamu lakukan. Jika tidak dilakukan, lumayan Kamu bisa menghemat anggaran.

Perubahan drastis akan terjadi pada warna motor, dimana Kamu akan mengecat motor dengan warna baru sesuai dengan konsep Babylook. Warna yang digunakan sebenarnya tidak perlu nyentrik atau terlalu meriah.

Komponen lain yang mendapatkan banyak perhatian adalah ban. Modifikasi ini sebenarnya tidak begitu aman. Pasalnya, bana yang akan digunakan biasanya ban cacing (kecil). Buat kontes, ban tersebut memang keren, tetapi untuk kegiatan sehari-hari pakai ban medium saja.

Terakhir, Kamu bisa menambahkan aksesori-aksesori yang bisa membuat motormu menjadi keren dan mendapatkan imej ‘beibeh’ yang diinginkan.

2. Thailook

modifikasi motor mio m3 thailook

modifikasi mio m3 thailook style

modif mio m3 thailook

Aliran modifikasi spesialis kontes ini memang sedang menjamur dimana-mana. Toko sparepart motor ala Thailand sudah banyak tersedia. Bagi sebagian orang, modifikasi Thailook ini terlalu ramai dan nyentirk, namun, bagi sebagian lagi tidak.

Modifikasi ini memang hanya pantas dipertonton untuk kontes. Sementara, untuk keperluan sehari-hari, meskipun masih diperdebatkan, agaknya tidak begitu cocok (biat buat silau mata).

Kendati kerap memicu respons mengernyitkan dahi atau membuat wajah melongo, modifikasi ini memiliki penggemar yang banyak dengan komunitas yang bekerja keras untuk terus berkreasi.

Modifikasi Mio dengan gaya ini membuat Kamu harus menggunakan banyak aksesori dengan warna atau dicat meriah. Warna yang menunjukkan kemewahan ala bangsawan biasanya digunakan pada aksesori maupun komponen motor.

Penggunaan velg jari-jari yang dicat dengan satu atau lebih warna merupakan ciri khasnya. Begitu juga dengan penggunaan ban cacing yang tidak begitu aman digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Ciri khas lain dari modifikasi Thailook ini adalah menggunakan komponen aftermarket, termasuk sokbreker atau per, rem, grip gas, dll. Modifikasi Mio M3 ala Thailook ini tidak murah, apalagi jika menggunakan komponen asli Thailand.

Baca Juga: Modifikasi Mio

3. Touring

modifikasi motor mio m3 touring

modif mio m3 touring

Modifikasi Mio M3 hitam untuk keperluan touring sah-sah saja dilakukan. Modifikasi yang dilakukan tidak hanya menitikberatkan pada penampilannya saja.

Biar bagaimanapun performa dan keamanan adalah hal yang utama ketika Kamu harus menaklukkan jalan antar daerah yang tentu membutuhkan kelihaian berkendara dan motor yang pantas. Komponen yang bisa Kamu ganti pertama adalah ban.

Untuk mendukung perjalanan jauh, medan yang tidak menentu, dan waktu perjalanan yang lama, Kamu direkomendasikan menggunakan ban tubles. Ban jenis ini memang lebih cocok untuk perjalanan jauh. Selain bagian ban, Kamu bisa menambahkan bracket.

Bracket tersebut berfungsi untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan sehingga Kamu bisa membawa bekal lebih banyak dalam perjalanan.

Selain ban dan penambahan bracket, Kamu juga bisa meninggikan motor agar lebih nyaman ketika menghadapi jalan penuh lubang. Selain lebih nyaman, perjalanan yang Kamu lakukan akan lebih aman.

Selain komponen-komponen yang sudah disebutkan tersebut, modifikasi atau pergantian pada komponen lain opsional. Begitu juga dengan penambahan aksesori dan pergantian warna motor.

4. Jari-Jari

modif mio m3 jari jari

modifikasi mio m3 jari jari 14

modifikasi mio m3 jari jari

Jika bukan bawaan orisinal atau pabrik, velg jari-jari memang jarang digunakan. Velg ini biasanya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari modifikasi ala Thailook atau Babylook.

Jika diterapkan dengan baik dan dikombinasikan dengan warna yang tepat, velg jari-jari memang bisa menjadi sesuatu yang membuat motor Mio M3 menjadi lebih keren. Namun, jika tidak, motor Kamu akan terlihat ketinggalan zaman.

Selain itu kesan membosankan juga kerap muncul. Untuk mengoptimalkan velg jari-jari ini, Kamu memang tidak boleh hanya mengganti velg saja. Kamu juga harus melakukan modifikasi pada komponen lain. Penambahan aksesori bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan nilai seni dari motor Mio M3 ini.

Berhari-hati jika memasangkan velg jari-jari ini dengan ban tipis atau ban cacing karena kualitas keamanannya dipertanyakan.

5. Simple

modif mio m3 simple

modifikasi mio m3 hitam simple

modifikasi motor mio m3 simple

Tidak banyak yang diubah dari modifikasi Mio yang sederhana. Modifikasi ini hanya mengganti beberapa komponen saja. Tujuannya tentu memberikan kesan yang berbeda.

Selain itu, perubahan komponen tersebut tidak jarang dilakukan untuk memperbaiki performa atau menutupi komponen yang tidak lagi sempurna. Kamu bisa mengganti velg, ban, setang, sokbreker, dan knalpot dengan komponen non-orisinal.

Modifikasi Mio M3 hitam bisa dilakukan tanpa mengganti komponen. Caranya adalah dengan mengecat beberapa bagian motor yang akan membuat gagahnya motor ini bertambah.

Untuk bodinya, dibiarkan saja hitam, sementara komponen lain seperti sokbreker dan velg bisa Kamu ganti warna dengan warna yang serasi dan tetap gagah. Modifikasi simple lain yang biasanya diterapkan adalah menerapkan beberapa aksesori minor.

Semakin banyaknya jenis dan moderl motor matic membuat Kamu harus melakukan modifikasi untuk membuat motormu menjadi unik.

Modifikasi Mio M3 yang dilakukan tidak selalu harus ekstrem, jika Kamu memang memiliki selera seni yang tinggi, modifikasi sederhana pun bisa membuat motormu terlihat lebih keren.

Tetap utama kepantasan, kewajaran, dan keamanan ketika memodifikasi untuk tujuan performa dan keperluan sehari-hari.

Guruh Handika P

Seorang pecinta dunia otomotif, dan juga suka menulis. Saya adalah CEO Otonesia.net.

Tinggalkan komentar