Modifikasi MegaPro

Katakan selamat tinggal pada MegaPro. Honda telah memutuskan untuk menghentikan produksi MegaPro.

Jika Kamu ingin membeli MegaPro, maka membeli MegaPro bekas merupakan keputusan yang paling mungkin terwujud.

MegaPro FI yang diproduksi tahun 2014 merupakan edisi terakhir dari motor ini.

Untuk membuat umur motor lebih panjang, modifikasi MegaPro perlu Kamu lakukan. Ada banyak modifikasi yang bisa Kamu terapkan.

 

1. Minimalis

modifikasi megapro primus minimalis

modifikasi honda new megapro minimalis

modifikasi new megapro minimalis

Modifikasi yang paling mudah dipraktikkan adalah modifikasi minimalis. Karena minimalis, modifikasi yang dilakukan tidak akan ekstrem dan hanya akan mengganti beberapa bagian yang dianggap tidak begitu pas atau keren.

Modifikasi dapat diterapkan pada MegaPro edisi manapun dari edisi 1999 hingga edisi FI 2014. Dari pergantian komponen, pergantian cat (warna), hingga penambahan stiker atau aksesori bisa Kamu lakukan.

Untuk menyesuaikan dengan modernitas, pemilik MegaPro lama di bawah tahun 2010 bisa mengganti velg orisinal dengan velg racing kekinian.

Beberapa modifikator masih menggunakan velg jari-jari dan tetap tampil keren.Pergantian komponen lainnya yang bisa Kamu lakukan adalah setang, knalpot, dan ban.

Selain perubahan pada beberapa komponen, Kamu juga bisa mengubah warna motor dengan warna baru yang lebih keren dan gagah.

Tentu, pergantian warna tidak harus dibarengi dengan modifikasi airbrush. Kamu bisa mengecat motor MegaPro di beberapa bagian saja.

Hindari melakukan modifikasi yang membuat kantong bolong dan mengubah rupa motor secara drastis.

Penggunaan stiker pun bisa Kamu optimalkan. Jika Kamu ingin mengubah MegaPro secara drastis maka Kamu harus memilih desain non-minimalis dan menyiapkan anggaran yang tidak sedikit.

2. Jari-Jari

modifikasi megapro jari jari ring 17

modif megapro jari jari

modifikasi megapro jari jari

mega pro modif jari jari

modifikasi megapro 2012 jari jari

modifikasi new megapro jari jari

Tidak semua modifikasi motor harus mengganti velg jari-jari atau velg bawaan pabrik. Penggunaan velg jari-jari atau nama otomotifnya adalah Spoke Wheel juga bisa tetap keren.

Modifikasi MegaPro yang masih memanfaatkan velg jari-jari yang terlihat keren adalah gaya Café Racer.

Justru dengan velg jari-jari ini kesan klasik akan terpancar jelas dan sempurna jika Kamu memodifikasi motor dengan gaya tersebut.

Velg jari-jari memang harganya tidak mahal. Velg ini juga ringan. Sebenarnya, banyak pabrikan motor yang mulai meninggalkan velg jenis ini sebagai velg orisinal (bawaan pabrik).

Tengok saja MegaPro dimana MegaPro 160 Advance atau sering disebut MegaPro Primus yang dirilis di tahun 2006 merupakan MegaPro terakhir yang dirilis dengan velg jari-jari.

Hal tersebut membuat velg jari-jari justru menjadi hal yang tidak biasa di tahun-tahun ini. Dengan banyaknya modifikasi nyentrik (sedikit norak) Thailook, velg ini berhasil angkat nama dan tidak terlihat kuno.

Dengan modifikasi yang tepat, velg jari-jari bisa menjadi pembeda. Meskipun sedang ramai, memodifikasi MegaPro dengan velg jari-jari gaya Thailook dipastikan bukan ide yang bagus.

Untuk memaksimalkan penampilannya, modifikasi gaya Japstyle dan Café Racer pantas dikombinasikan dengan velg jari-jari.

3. Japstyle

modifikasi honda megapro japstyle

modifikasi motor megapro japstyle

biaya modifikasi megapro japstyle

modifikasi megapro menjadi japstyle

modifikasi new megapro japstyle

modifikasi megapro jadi japstyle

gambar modifikasi megapro japstyle

Honda MegaPro adalah motor dengan konsep sport touring yang paling pas dimodifikasi dengan gaya Japstyle, Café Racer, dan gaya Retro-Klasik lainnya. Selain MegaPro, motor lain yang bisa digunakan adalah Scorpio, V-Ixion, Thunder, dan Tiger.

Hal yang membuat modifikasi MegPro dengan gaya Japstyle cocok adalah rangka motor itu sendiri. Rangka motor ini tidak berlawanan dan sangat pas dengan konsep modifikasi ala Japstyle.

Modifikasi MegaPro Primus maupun model lainnya, bahkan dari yang paling tua sekalipun bisa dilakukan.

Bahkan, modifikasi ini sangat pantas untuk membuat MegaPro edisi lama menjadi lebih keren dan berumur lebih panjang.

Kesan kuno akan hilang jika modifikasi ini diterapkan. Untuk mewujudkan modifikasi ini dengan sempurna, Kamu harus memikirkan konsep secara matang. Bayangkanlah konsep retro-klasik yang diinginkan.

Selain desain, bahan-bahan yang perlu dipersiapkan pun tidak boleh sembarangan pilih. Untuk anggaran, modifikasi MegaPro gaya Japstyle atau Café Racer ini membutuhkan anggaraman (aman) sekitar 10-20 juta.

Bukan tidak mungkin, Kamu menemukan bengkel yang memberikan harga lebih murah (7-8 juta). Modifikasi ini bisa jadi jalan keluar untuk pemilik MegaPro tua yang bodinya sudah banyak baret dan tidak lagi terlihat baik.

Modifikasi ini akan mengubah hampir seluruh rupa motor, dari mulai tangki, jika, lampu, kaki-kaki, hingga ba dan velg. Tentu semuanya bergantung pada konsep modifikasi yang Kamu buat.

Jangan lakukan modifikasi ini secara sembarangan. Pastikan Kamu rajin berdiskusi dengan orang-orang yang sudah ahli dan berpengalaman.

Untuk menghemat biaya, Kamu bisa menggunakan bahan bekas atau mempertahankan beberapa komponen orisinal.

4. Touring

modifikasi touring megapro primus

modifikasi new megapro touring

modifikasi megapro 2008 touring

MegaPro juga dapat dimodifikasi dengan konsep touring. Penggunaan kotak touring jelas menjadi ciri khas utama dari modifikasi ini.

Kamu juga bisa menggunakan windshield untuk membuatmu lebih nyaman berkendara ketika menyusuri jalanan-jalanan penghubung antar daerah.

Pada umumnya, tidak banyak yang perlu Kamu ubah dari MegaPro, apalagi jika MegaPro yang akan dimodifikasi adalah MegaPro keluaran terbaru (model FI rilis 2014).

MegaPro edisi ini sudah cukup garang dengan knalpot yang lebih panjang dan desain yang kokoh.

Komponen lain yang biasanya dimodifikasi untuk keperluan touring adalah setang. Setang jenis baplang (ingat Pak Raden) merupakan setang yang paling cocok untuk keperluan touring.

Setang ini memberikan pengendalian penuh ketika berkelok, membuat posisi pengendara menjadi tegap, dan nyaman digenggam dalam waktu yang lama.

Modifikasi dengan konsep Japstyle atau Retro-Klasik merupakan modifikasi yang paling pas dan paling keren yang bisa diterapkan pada Honda MegaPro.

Modifikasi MegaPro dengan gaya Café Racer tersebut berhasil membuat MegaPro lama terlihat tidak lagi kuno.

Karena tidak lagi diproduksi, Kamu yang memiliki motor MegaPro tampaknya harus melakukan beberapa modifikasi agar motormu tidak ketinggalan zaman dan tetap modern.

Guruh Handika P

Seorang pecinta dunia otomotif, dan juga suka menulis. Saya adalah CEO Otonesia.net.

Tinggalkan komentar