Atika Dwi P Mahasiswi yang sedang mengejar gelar Sarjana Ekonomi, suka menulis dan sekarang menjadi penulis artikel di otonesia.net.

Cara Mengkilapkan Body Motor

Ingin body motor mengkilap? Tapi khawatir mengeluarkan biaya yang cukup mahal?

Kebanyakan orang untuk mengkilapkan body motor menggunakan salon motor. Ya meskipun terkadang membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Tenang, kamu tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk cara mengkilapkan body motor. Penasaran?

Body motor kamu juga perlu perawatan loh. Apalagi pada kalangan anak muda yang pada umumnya mempunyai tingkat penampilannya lebih tinggi.

Nah kali ini ada 10 cara mengkilapkan body motor, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

 

Cara Mengkilapkan Body Motor Dengan Benar

Gambar Penggunaan Detergen pada motor

1. Jauhkan dari Pengunaan Detergen

Dikalangan masyarakat banyak yang menganggap mencuci menggunakan detergen bisa mengkilapkan body motor. Sebaiknya hindari penggunaan detergen karena bisa memudarkan warna cat motormu.

Jika kamu ingin mencuci motor, aku sarankan sebaiknya menggunakan sampo motor yang memang digunakan untuk mencuci motor. Jangan asal dalam membeli sampo motor.

Hindari membeli sampo motor yang memiliki kandungan bahan seperti Hcl (acid hidrchlorid), NaOH (sodium hidroksida) dan KOH (potassium hidroksida) karena berbahaya dan bisa merusak lapisan cat motor kamu.

2. Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

Gambar Jauhkan motor dari Sinar Matahari Langsung

Sering terpapar dari sinar matahari secara langsung berdampak buruk pada body motor kamu. Biasanya hal ini bisa terjadi pada saat memarkirkan motor.

Jika terlalu lama terkena langsung sinar matahari yang mengandung ultraviolet akan merusak lapisan cat motornya. Maka hindari memarkirkan motor yang terkena langsung sinar matahari.

Baca Juga: Cek Plat Nomor

3. Mencuci Motor Setelah Terkena Air Hujan

Gambar Mencuci Motor Setelah Terkena Air Hujan

Segeralah mencuci motor setelah terkena air hujan minimal mengelap dengan air yang bersih. Karena air hujan mengandung asam nitrat.

Dampak apabila tidak mencuci motor setelah terkena air hujan dapat menimbulkan karat atau korosi pada body motor. Hal yang lain, dapat merusak lapisan pada kilap cat motor.

Oiya kamu juga tidak boleh langsung mengelap motormu setelah terkena air hujan, karena debu-debu yang menempel di motormu membuat body motormu lecet.

4. Menggunakan Kompon dan Poles

Gambar Menggunakan Kompon dan Poles

Kompon dapat menghilangkan goresan halus, bentuknya seperti gel. Cairan poles biasanya ditemukan dibeberapa swalayan dan tidak memerlukan biaya yang cukup mahal.

Untuk menghilangkan goresan kamu harus menggosok body motor dengan kompon beberapa kali. Caranya juga tidak terlalu susah, cukup mengoleskan kompon dibody motor.

Gunakan kain yang lembut untuk menggosoknya dengan cara memutar. Setelah goresannya hilang, gunakan cairan poles sebagai cara mengkilapkan body motor.

Sebaiknya gunakan cairan poles setelah motor dicuci agar tidak tercampur dengan kotoran yang dapat menibulkan goresan saat body motor digosok dengan cairan poles.

Catatan: Hindari penggunaan kompon terlalu banyak agar cat tidak mengelupas.

5. Menggunakan Beeswax

Gambar Menggunakan Beeswax

Beeswax bukan hanya digunakan sebagai produk kecantikan saja, namun bisa digunakan untuk mengkilapkan motor dan hasilnya tidak mengecewakan.

Beberapa produk perawatan body motor yang diberedar dipasaran mengandung besswax, maka tidak perlu membeli beeswax dalam bentuk asli.

Ternyata beeswax juga mempunyai keuntungan untuk motor menjadi lebih lembut, tidak mudah mengelupas dan menjaga warna asli dari kendaraan.

6. Menggunakan Minyak Goreng

Gambar Menggunakan Minyak Goreng

Minyak goreng tidak hanya digunakan sebagai bahan memasak tapi bisa digunakan untuk mengkilapkan body motor. Ada beberapa orang yang sudah membuktikannya dan hasilnya tidak kalah jauh dari kendaraan yang dibawa ke salon motor.

Nah, menggunakan minyak goreng ini setelah mencuci motor dengan bersih. Setelah itu mengkilapkan body motor dalam keadaan benar-benar kering karena tidak ada fungsinya jika minyak goreng terkena air.

Catatan: Gunakan minyak goreng yang baru bukan bekas pakai.

7. Rutin dalam Mencuci Motor

Mencuci motor dapat membuat motor mengkilap

Jangan terlalu jarang dalam mencuci motor kamu, karena menimbulkan kotoran atau debu yang menumpuk dan menimbulkan pelupasan pada cat body motor.

Jika dibiarkan terlalu lama maka warna pada body motor terlihat kusam. Buatlah jadwal untuk mencuci motor, usahakan secara rutin dalam waktu 1-2 kali seminggu.

8. Keringkan Motor setelah Dicuci

Cara Mengkilapkan Body Motor

Keringkan motor setelah dicuci dan usahakan dalam keadaan benar-benar kering. Jangan sampai ada air yang tersisa setelah mencuci motor yang mengendap dibody motor, karena jika dibiarkan akan mengakibatkan karat atau korosi dan dapat memudarkan warna motor.

9. Gunakan Skotlet

Memakai Skotlet agar motor tetap mengkilap

Menggunakan skotlet dapat melindungi body motor dari goresan dan dari terik matahari. Skotlet ini juga bisa dipakai agar body motor lebih kinclong dan sedap dipandang.

Ingin mesin motor kamu tetap mengkilap? Yuk simak cara mengkilapkan mesin motor dengan benar.

10. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih untuk Mengkilapkan Motor

Minyak kayu putih bisa membersihkan beberapa noda membandel pada barang-barang elektronik dan hasilnya benar-benar kinclong. Begitupun dengan body motor, bisa membuat seperti baru.

Caranya juga mudah, pertama cuci motor dan lap sampai benar-benar kering. Lalu oleskan dengan minyak kayu putih secukupnya gunakan dengan kain yang bersih dan halus.

Gosok secara perlahan supaya tidak lecet akibat gesekan kain. Kemudian lihatlah perbedaan body motor sebelum dan sesudah diberi minyak kayu putih.

Itulah 10 cara mengkilapkan body motor. Gampang bukan? Pastinya cara diatas aman dan mudah ya. Selamat mencoba guys!

Atika Dwi P Mahasiswi yang sedang mengejar gelar Sarjana Ekonomi, suka menulis dan sekarang menjadi penulis artikel di otonesia.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *