cara memperbaiki aki kering

7 Cara Memperbaiki Aki Kering Ngedrop dan Soak (Ampuh)

Setiap kendaraan pasti membutuhkan aki (accu) yang berperan penting untuk menyuplai daya listrik ke komponen kendaraan lainnya.

Apabila fungsi aki terjadi gangguan atau masalah seperti aki ngedrop, soak, lemah, maupun mati total. Hal ini akan membuat terganggunya perfoma pada kendaraan.

Lalu bagaimana cara memperbaiki aki kering yang ngedrop atau soak?

Dalam melakukan perbaikan aki kering juga dibutuhkan keahlian yang bisa dipelajari. Sebelum memperbaiki aki kering siapkan dulu alat dan bahan dibawah ini.

Persiapkan Alat dan Bahan Perbaikan

cara memperbaiki aki kering yang cepat habis

Sebelum memperbaiki aki kering yang rusak, terlebih dahulu persiapkan perlengkapan berupa alat-alat perbaikan yang berguna untuk memudahkan pengerjaan nantinya.

1. Air aki yang bisa dibeli di toko otomotif

Air aki atau zuur disini digunakan untuk mengisi aki baru, bukan malah untuk menambah cairan aki. Kamu bisa membeli air aki ini di bengkel atau toko otomotif terpercaya.

2. Selotip atau isolasi ukuran besar

Isolasi nantinya digunakan untuk menutup bagian lubang aki agar bisa merekat kuat dan tidak mudah copot dikemudian hari. Selotip atau isolasi usahakan yang berukuran besar dan memiliki daya rekat kuat.

3. Pisau atau gergaji besi

Peralatan lain yang dibutuhkan untuk memperbaiki aki kering adalah pisau atau bisa dengan gergaji besi jika kamu punya. Alat ini nantinya dipakai untuk membuka tutup aki.

4. Obeng minus

Untuk membuka cover aki dibagian atas diperlukan alat berupa obeng minus sebagai pencungkit.

5. Obeng plus

Sama halnya dengan obeng minus, obeng plus juga digunakan untuk membuka kuncian pada bagian-bagian aki yang hanya bisa dibuka dengan obeng plus.

Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Benar

cara memperbaiki aki kering yang ngedrop

1. Melepas Aki Kering dari Kendaraan

Sebelum melakukan perbaikan pada aki kering kendaraan baik itu motor maupun mobil, terlebih dahulu harus melepas atau copot aki dari tempatnya. Yang perlu kamu lakukan pertama lepas kutup positif (+) di bagian aki.

Jika kutup negatif (-) mesih menempel dengan kutup positif (+) maka akan terjadi percikan api atau aliran listrik yang bisa mensetrum anggota badan. Hal ini bertujuan agar lebih aman dalam melepas aki dari tempatnya.

2. Bersihkan Permukaan Aki Kering

Apabila aki kering sudah terlepas dari tempatnya, langkah berikutnya bersihkan aki yang sudah lama digunakan tersebut dari debu dan kotoran lain yang menempel dipermukaan aki.

Dengan begitu kotoran dipermukaan aki tidak ikut masuk kebagian aki dibawahnya pada saat melakukan perbaikan. Tidak hanya itu saja jika kondisi aki kering sudah bersih, maka akan lebih nyaman untuk diperbaiki.

3. Membuka Penutup Aki Kering

Selanjutnya buka bagian penutup (cover) aki kering dibagian atas sampai terbuka dengan menggunakan pisau dapur atau gergaji besi yang sudah disiapkan sebelumnya.

Kemudian gergaji bagian atas yang terdapat tulisan “Do Not Open”. Lakukan hal yang sama pada bagian samping dan belakang penutup aki.

Lakukan hal tersebut dengan hati-hati supaya benda tajam sejenis pisau atau gergaji besi tidak melukai tangan dan juga tidak merusak komponen aki lainnya.

4. Mengisi Aki dengan Air Aki (Accu Zuur)

Setelah membuka penutup aki kering dilangkah sebelumnya, selanjutnya akan menemukan enam lubang untuk di isi menggunakan air aki (accu Zuur) yang sudah dipersiapkan sebelumnya kurang lebih sebanyak 15 ml.

Persiapkan juga kain lap dan suntikan untuk melakukan pengisian aki. Cara memasukan air aki kedalam aki yaitu isi suntikan dengan air aki lalu masukan kedalam tiap lubang dengan cara disuntikan jarum kedalam lubang karet sampai kedalaman 1 cm.

Lakukan pengisian tersebut hingga semua lubang karet terisi kembali dan jika sudah terisi semua tutup kembali bagian lubang tersebut.

Hindari kontak langsung accu zuur dengan bagian anggota tubuh karena bisa menyebabkan iritasi kulit. Apabila terkena cairan air aki sebaiknya segera gosok mamakai sabun dan bilas sampai bersih.

5. Tutup Aki Kering Kembali

Cara memperbaiki aki kering selanjutnya adalah dengan memasang penutup aki dibagian atas seperti semula. Caranya yaitu dengan pengeleman aki memakai lem khusus berdaya rekat tinggi untuk menutup cover yang sudah dibuka menggunakan pisau atau gergaji besi.

Perhatikan secara menyeluruh diproses penutupan aki kering, pastikan tidak ada yang terbuka sedikitpun agar udara tidak masuk maupun keluar dari aki.

6. Mengisi Daya Aki Kering

Apabila dirasa semua proses diatas berjalan dengan baik dan tanpa kendala berarti, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengisi daya aki kering bisa dengan cara mengisi arus listrik ke aki kering.

Kamu bisa mengisi daya arus litrik ke aki kering dibengkel aki  yang mana sudah tersedia alat untuk pengisian daya aki tersebut. Alat ini biasanya berupa adaptor atau disebut trafo dengan kapasitas ampere sesuai dengan yang dibutuhkan aki kering untuk mengisi daya.

Atau kamu juga bisa mennggunakan jumper aki dengan syarat aki kering sudah dipastikan dalam keadaan yang sehat dan baik.

7. Amati dan Cek Kembali Aki kering

Terakhir jika kamu sudah melakukan langkah-langkah diatas dan masih belum menunjukan tanda-tanda perbaikan, maka kamu bongkar sekali lagi aki kering yang bermasalah tersebut dan amati siapa tahu ada sel-sel aki yang rusak.

Dan jika berhasil, aki kering bisa digunakan kembali untuk menyupali daya pada mobil maupun motor. Biarkan 15 hingga 30 menit dalam posisi stasioner supaya tegangan baru dapat menyesuaikan dengan kondisi kendaraan.

Cara Menjumper Aki dengan Benar

cara memperbaiki aki kering yg soak

Pada langkah memperbaiki aki kering diatas terdapat opsi mengisi daya aki dengan cara menjumper aki kering untuk memulihkan kembali daya aki.

Cara menjumper aki dengan benar adalah sebagai berikut.

  • Pakai alat keselamatan terlebih dahulu seperti sarung tangan, sepatu bersol karet dan lainnya. Lakukan jumper ditempat yang kering dan tidak terkena hujan, jauhkan juga dari cairan yang mudah terbakar.
  • Kedua kendaraan posisikan berdekatan agar dalam melakukan jumper mudah dilakukan.
  • Perhatikan kutup positif serta kutup negatif aki pada kedua kendaraan penerima maupun pemberi daya aki.
  • Lakukan pembersihan pada kedua kutup sebelum melakukan transfer daya, dan keadaan kendaraan dalam posisi kunci kontak mati (off).
  • Selanjutnya jepit klem jumper merah ke kutub positif mobil penerima daya, dan hubungkan dengan kutup positif mobil pemberi daya. Harus kuat dan stabil jepitannya.
  • Lalu jempitkan klem kabel jumper berwarna hitam di kutup negatif, dimulai dari mobil pemberi daya kemudian ke mobil penerima daya.
  • Nyalakan atau start mobil pemberi daya aki, dan biarkan beberapa saat supaya daya arus mengalir ke mobil penerima daya.
  • Jika sudah di isi, coba nyalakan mobil penerima daya.
  • Proses menjumper aki sudah selesai.

Apabila dengan mencoba memperbaiki aki kering diatas tidak juga berhasil, sebaiknya ganti aki lama kamu dengan yang baru. Aki kering dengan kondisi baru memiliki perfoma yang lebih baik dibandingkan aki yang sudah lama yang rusak meskipun berhasil diperbaiki.

Jika terpaksa harus ganti aki kering dengan yang baru simak informasi terbaru harga aki kering motor.

Demikian ulasan mengenai cara memperbaiki aki kering diatas, yang paling penting adalah utamakan keselamatan terlebih dahulu disetiap proses perbaikan aki.

Seorang pecinta dunia otomotif, dan juga suka menulis. Saya adalah CEO Otonesia.net.

    Artikel Menarik Lainnya

    Tinggalkan Balasan